Sunday, November 12, 2017

Film Kolaborasi Jepang-Indonesia, "Laut" Terinspirasi Dari Tsunami di Aceh

Laut
Koji Fukada, sutradara asal Jepang saat ini tengah menggarap sebuah film berjudul "Laut" yang merupakan kolaborasi antara Jepang dan Indonesia.Sang sutradara mendapatkan ide untuk pembuatan film ini saat Ia berkunjung ke Aceh pada tahun 2011 lalu.

Film yang terinspirasi dari kejadian Tsunami di Aceh pada 2004 silam ini, akan dibintangi oleh sejumlah aktor dan aktris yang berasal dari kedua negara. Diantaranya adalah Dean Fujioka, Adipati Dolken, Sekar Sari, Taiga, Junko Abe, dan Mayu Tsuruta.

Film yang memiliki judul internasional "The Man From The Sea" ini menggunakan empat bahasa di dalam filmnya, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Jepang, Bahasa Inggris, dan Bahasa Aceh. Meskipun menggunakan empat bahasa yang berbeda, sang sutradara mengaku tidak terlalu banyak mengalami kesulitan, karena kendala bahasa tersebut bisa diatasi dengan bantuan dari penerjemah.

Syuting akan dilakukan di Aceh dan rencananya akan dirilis pada pertengahan tahun 2018 mendatang. Saat ini, film tersebut sedang dalam tahap editing. Koji Fukada berharap film garapannya ini akan bisa diterima oleh masyarakat, baik dari Indonesia maupun Jepang.

Filmnya sendiri mengisahkan tentang seorang laki-laki Jepang (Dean Fujioka) yang ditemukan di pesisir pantai tanah Serambi Mekkah, Banda Aceh secara misterius. Kemudian, Ia diberi nama "Laut" dan membuat banyak keajaiban bagi orang-orang di sekitarnya. Namun, lama-kelamaan orang-orang jadi curiga, siapakah sebenarnya sosok misterius tersebut?

Sumber : Republika