Friday, July 07, 2017

[Review] Tomorrow I Will Date With Yesterday You


Yosh Kali ini mimin mau Jelasin jalan cerita dari Film ぼくは明日, 昨日のきみとデートする (Tomorrow I Will Date With Yesterday's You)
atas permintaan dari beberapa temen mimin. Sebenarnya film ini sudah keluar pada 17 Desember 2016 kemarin, namun dikarenakan para gretonger menunggu video bajakannya (termasuk saya :D) alhasil banyak juga orang yang baru menontonnya akhir-akhir ini. Banyak yang berbicara kalau cerita dari film ini itu berat dan kayanya susah buat di ambil inti ceritanya dikarenakan Timeline ceritanya yang bikin pusing, ternyata sebenarnya tidak seperti itu jika kita menyimak dan mencermatinya. Disini mimin sudah membuat beberapa ilustrasi nya untuk membantu para pembaca agar tidak pusing jika hanya di jelaskan melalui teks, berikut penjelasannya :

[DAY 1 TAKATOSHI] - [DAY 30 FUKUJU]
Cerita tersebut memiliki 2 pemeran utama yaitu Takatoshi Minamiyama (Sota Fukushi) dan Emi Fukuji (Nana Komatsu), pada beberapa menit film tersebut terlihat Takatoshi berdiri di dalam sebuah kereta dan ia ingin berangkat ke Universitasnya kala itu, dan ia mengambil jadwal kereta pada jam 8 pagi. Dikala dalam lamunannya ia melirik dan tak sengaja melihat seorang wanita yang sedang bersandar di pintu kereta, wanita tersebut adalah Emi Fukuju.
Pada scene tersebut Takatoshi merasa bahwa dirinya menemukan cinta pada pandangan pertamanya yaitu Fukuju, dengan begitu ia berfikir bahwa sebaiknya ia menyapanya dan jujur kepadanya (Fukuju) bahwa Takotoshi telah menemukan orang yang spertinya merupakan pendamping hidupnya.

Saat ia sedang memikirnya, tak disangka kereta telah berhenti di sebuah stasiun, dan saat ia kembali meilirik wanita itu lagi, tenyata ia telah turun dari kereta tersebut. Melihat hal tersebut Takatoshi pun akhirnya terpaksa turun dari kereta dan mencoba mengerjarnya. Ia pun berhasil menemukannya kembali dan berusaha untuk mengatakan hal yang harus ia sampaikan.
Singkat cerita, Fukuju dan Takatoshi pun akhirnya membicarakan maksud dari perkataan nya itu (Nembak coy, Anti Mainstream ini cara nembaknya). mendengar hal tersebut, Fukuju pun kembali bertanya "Kenapa? Kenapa Memilih Gue?" dan Takatoshi pun menjawab "Gue Juga Gak Tau, Cuman Gue Mikir Kayanya Lu Emang Jodoh Ane Deh". Tak lama kemudian, datanglah kereta dan Fukuju berniat untuk naik kereta tersebut, mendengar hal tersebut Takatoshi bertanya kembali "Apakah kita akan bertemu lagi?", Fukuju pun terdiam dan tidak sengaja ia menangis [TANDA 1].
Fukuju pun menjawab sambil tersenyum "Kita akan bertemu lagi, sampai jumpa besok", Takatoshi pun bertanya-tanya apakah ia akan bertemu dengannya lagi besok.

[DAY 2 TAKATOSHI] - [DAY 29 FUKUJU]
 Dihari keduanya Takatoshi mencoba mengambil jadwal kereta seperti hari kemarin dan mencari Fukuju di kereta tersebut, sayangnya ia tidak bertemu dengan nya kala itu dan Takatoshi pun kecewa. Akhirnya ia pergi ke kebun binatang untuk mengerjakan tugas universitasnya, dikala sedang menggambar jerapah ia mendengar ada yang mengomentari hasil karya nya yaitu Fukuju, "Wahh bagus ya, ahh itulah gambar yang di gantung di kelas" [TANDA 2] (Pada scene ini, jika kalian menyimaknya pasti akan terdengar aneh).
Tanda lainnya adalah ia (Fukuju) meminta untuk di ajak ke Kolam Harta yang pada hari pertama tak sempat Takatoshi menyelesaikan omongannya, alhasil mereka pun pergi ke Kolam Harta. Disana Takatoshi menceritakan sedikit tentang pengalamannya dan juga sempat menceritakan bahwa Dahulu saat Takatoshi berumur 5 tahun, ia pernah hampir tenggelam di Kolam Harta dan ada seorang wanita tak dikenal yang menolongnya, dan tak di sangka Dahulu Fukuju pun hampir mati karena ledakan, dan di selamatkan oleh seorang pria tak dikenal, Fukuju pun berkata bahwa itu Hanya Kebetulan. Dari pertemuan hari kedua Takatoshi/hari ke 29 Fukuju ini, Takatoshi pun mendapat nomor kontak untuk menghubungi Fukuju.

Malamnya ia di beri saran oleh temannya untuk segera menghubungi Fukuju dan mengajaknya menonton di keesokan harinya dan menemuinya di Jembatan Sanjo, dan Fukuju pun menerimanya.

[DAY 3 TAKATOSHI] - [DAY 28 FUKUJU]
Jreeenggg Hari ke 3 Takatoshi, di hari ketiga ini Tanda 2 pun terjawab yang dimana Gambar jerapah yang ia gambar kemarin sudah di pajang di dinding kelas dan Takatoshi pun terheran - heran, namun ia masih belum menyadarinya.
Singkat cerita, ia mencari-cari tempat yang bagus untuk jalan bersama Fukuju, ohh iya di hari ketiga ini pun ada Tanda ke 3 yang di berikan Oleh Fukuju yang terjawab di hari itu juga, yaitu menyukai benda yang sama.

Di hari ke 3 ini mereka akhirnya Pacaran, Cieeee....

[DAY 4 TAKATOSHI] - [DAY 27 FUKUJU]
Sampai pada hari ke 4 Takatoshi, hari ini Fukuju membantu Takatoshi mengurus rumahnya pasca pindahan, dan di Hari ke 4 ini Muncul juga Tanda ke 4 yaitu benda yang di berikan oleh wanita yang menyelamatkan Takatoshi saat berumur 5 tahun.

[HARI ESOK TAKATOSHI] - [HARI KEMARIN FUKUJU]
Akhirnya hampir setiap hari mereka berkencan dan sudah menjadi motto hubungan mereka yaitu "Mata Ashita" (Sampai jumpa besok), disini Fukuju memberikan Tanda ke 5 yaitu memberika Cokelat kedalam masakan yang ia buat.
Pada hari ini sepertinya Takatoshi menyadari sesuatu hal seperti Lukisan yang di Pajang pada dinding kelas, dan di tambahkannya cokelat pada masakan nya (masakan ini adalah masakan yang di buat oleh ibu Takatoshi di masa yang akan datang dan juga ini masakan yang biasa ibunya buat untuk Takatoshi). Dan Takatoshi pun sempat mengira bahwa Fukuju memiliki kemampuan Precognition yaitu kemampuan yang bisa melihat masa depan.

[DAY 15 TAKATOSHI] - [DAY 15 FUKUJU]
Di hari ini Fukuju dan Takatoshi pun melakukan hal yang biasa mereka lakukan ngedate. By the way hari ini Takatoshi ngajak tidur barang di Fukuju (Kamvret Moment :"v) dan sekaligus puncak dari ceritanya yang dimana Takatoshi menemukan lalu membaca buku catatan Fukuju dan Takatoshi pun heran melihat catatan tersebut karena isinya merupakan jadwal kencan yang akan ia lakukan dan tanggalnya yang lebih awal dari Takatoshi dan kembali ke tanggal awal dari Fukuju
Akhirnya Fukuju menghubungi Takatoshi dan akan menjelaskannya semua keesokan harinya, dan itu merupakan Tanda terakhir yang di berikan oleh Fukuju. Pada malam ke 15 ini adalah tepat Bulan Purnama terlihat.

Tahukah anda kalau Opening dari Film ini berada di Hari ke 15 atau lebih tepatnya berada pada Menit ke 47.

[CLIMAX DAY]
Yap hampir di Penghujung cerita dan disini mimin hanya akan menceritakan seluruh kesimpulan dari Cerita dari film ini. Pada hari ini Fukuju menjelaskan semua kepada Takatoshi tentang dirinya, dan mengapa dirinya hadir dalam Hidup Takatoshi
Emi Fukuju
Ia adalah seorang manusia yang datang dari dunia dimensi lain (Dunia Paralel mungkin atau mungkin datang dari planet Namex) yang dimana alur waktu di dunia Fukuju berlawanan dari alur waktu di dunia Takatoshi. Jadi Masa Depan yang Takatoshi Tidak Ketahui adalah Masa Lalu Yang di Ketahui Fukuju atau Masa lalu yang Takatoshi Ketahui adalah Masa Depan yang Tidak di Ketahui Fukuju. Itulah mengapa Fukuju mengetahui lebih awal tantang semua yang telah mereka jalani. Berikut ilustrasinya :
Fukuju disana menjelaskan bahwa dirinya hanya akan datang setiap 5 tahun sekali Saat bulan berlalu dan memudar dalam 30 hari.
Jadi : Pada saat Takatoshi berumur 5 tahun dan tenggelam di Kolam Harta nahh Wanita pada saat itu yang menolong Takatoshi adalah Fukuju yang Berumur 35 tahun. Begitu pula pada Dunia Fukuju, saat Fukuju berumur 5 tahun dan hampir terkena ledakan, yang menolongnya adalah Takatoshi yang berumur 35 tahun. Pada umur Takatoshi yang ke 10 tahun, Fukuju kembali bertemu pada usianya yang ke 30 tahun dan memeberikan Kotak rahasia kepada Takatoshi yang nantinya akan di buka pada alur waktu Takatoshi.
Jadi mereka bisa bertemu karena mereka saling menyelamatkan satu sama lain dari kedua ujung masa kemajuan mereka dalam arah yang berlawanan, dan itu alasan kenapa mereka pacara di umur ke 20 tahun.
Oleh karena itu pada hari terakhir Takatoshi (yang merupakan hari pertama Fukuju), Takatoshi melukis Fukuju dan memberi tahu semua hal saat ia menghabiskan waktu bersama. Kenapa Takatoshi harus menceritakan nya semua kepada Fukuju di hari terakhirnya? Karena Pada hari terakhir Takatoshi adalah Hari pertama Fukuju bertemu dengan Takatoshi dan ia belum mengetahui apa-apa, dan fungsi catatan yang ia ceritakan pada hari terakhir adalah awal dari Fukuju untuk mengulang kembali memori tersebut pada dunia nya yang alurnya berbalik di dunia Takatoshi.
Foto yang di tunjukan pada saat itu juga merupakan foto yang di ambil Di masa depan dan masa lalu si Fukuju, kenapa di masa depan dan masa lalu? karena di saat itu adalah h-2 dari hari terakhirnya yang dimana semuanya berada pada ujung yang bersambung yang dimana pula hari tersebut adalah hari yang tidak ada dalam naskah keduanya.

Cukup pusing bukan? hehehehe, kalau kurang menyimak ceritanya bakal pusing ini hehehe. Tapi pada menit Climax ini bapernya bukan main loh... Mimin aja hampir nangis liatnya :")
Masih ingat dengan tanda saat Fukuju memberikan cokelat ke dalam masakannya?
Itu karena di dunianya Fukuju telah menyelesaikan ceritanya dan telah di tuangkan kedalam catatannya yang di mana pada dunia Takatoshi, Fukuju mengulang kembali memory tersebut dan membuatkannya pada hari esok si Takatoshi.

INTI CERITA :
Yapp kita sampai ke penghujung artikel ini, jadi apa Intinya? Inti dari cerita ini bahwa pada dasarnya Takatoshi dan Fukuju tidak di takdirkan untuk hidup bersama, dan mereka di pertemukan pun pada dasarnya hanya untuk melengkapi naskah dalam hidup mereka.

RANGKUMAN : Fukuju lahir layaknya manusia biasa dan menjalani hidup seperti biasa, pada umurnya yang ke 5 tahun ia hampir saja mati terkena ledakan dan berhasil selamat karena di tolong oleh seorang pria berumur 35 tahun yaitu Takatoshi, pada umurnya yang ke 10 tahun ia di berikan lukisan dirinya yang berumur 20 tahun oleh pria yang menyelamatkannya dahulu. Lalu pada umurnya yang ke 20 ia berpacaran dengan seorang pria yang berumur 20 tahun, yaitu pria yang menyelamatkan hidupnya dahulu. Pada umurnya yang ke 30 tahun ia memberikan suatu kotak rahasia kepada seorang anak yang berumur 10 tahun, didalamnya adalah sebuah foto yang dapat menjelaskan hubungan mereka 10 tahun yang akan datang (bagi takatoshi). Dan pada umurnya yang ke 35 tahun, ia menyelamatkan seorang anak yang masih berumur 5 tahun di kolam harta yang dimana 15 tahun yang akan datang, anak tersebut akan menerima sebuah kotak rahasia yang akan di buka pada umurnya yang ke 20 tahun, lalu ia akan tumbuh dewasa dan pada umur ke 20 tahunnya (Takatoshi) ia akan memberikan gambaran kepada seorang anak perempuan yaitu Fukuju bahwa dirinya pernah berpacaran, dan terakhir pada umurnya yang ke 35 tahun anak tersebut menyelamatkan hidupnya (Fukuju) dari insiden sebuah ledakan dan menyelamatkan dirinya.

Akhir dari cerita ini pun bisa di bilang Happy Ending atau juga bisa di bilang Bad Ending, tergantung dari aspek apa yang anda lihat. Ceritanya agak sedikit pusing karena di ceritakan sudut pandangnya satu persatu, jika film ini di buat 2 versi sudut pandang, dan di putar secara bersamaan, mungkin kita akan lebih mengerti ceritanya, karena sifat waktu itu Relatif dan sama seperti perempuan sulit di mengerti. :D

Eittts... Masih ingat dengan TANDA 1 di atas? :D Kenapa Fukuju menangis saat di pertemuan awal dengan Takatoshi? Itu karena Pertemuan awal bagi Takatoshi, merupakan pertemuan Terakhir bagi Fukuju, oleh karena itu dia berkata "Kita akan bertemu, sampai jumpa, sampai jumpa besok" karena di Dunia Takatoshi, ceritanya berlanjut ke Hari ke 2 dimana mereka bertemu di kebun binatang. Nyatanya ia hanya mampu bertemu dengan Tatakoshi hanya beberapa saat bukan? Wanita mana yang tahan dengan perpisahan? :"") Baper gan belum lagi lagu ending dari film ini, pas banget liriknya, jadi makin jleb. Ost Soundtrack Film ini di Nyanyikan oleh Band Backnumber yang berjudul Happy End.

Mungkin segitu saja yang bisa saya tulis, terlalu panjang ya? Maklum, sebenernya saya suka nulis :D Kalau masih ada hal yang masih kurang dimengerti, bisa kalian tanyakan di komentar, mohon maaf juga jika ada banyak salah kata, atau jika ada kalimat yang kurang enak di dengar. Sekian.

~~FIN~~

*Note : Waktu untuk membuat artikel ini lebih lama dari durasi Filmnya loh 5 Jam lebih, jadi mohon tulis sumber saat ingin copas ya :"D Klik Like dan Bagikan!

Sumber :
Asian Wiki
Tomorrow I Will Date With Yesterday Movie