Saturday, June 10, 2017

5 Mantan Idol yang Berhasil Meraih Impian Mereka


Ketika mereka mengenakan kostum yang berkilauan dan menari di atas panggung musik pop yang cerah, sepertinya idol Jepang tidak bisa lepas dari dunia peridolan dengan penggemar mereka yang selalu setia mendukung dimanapun. Tapi, pada nyatanya hal itu tidak akan bertahan dengan selamanya — para idola lulus dari grup mereka dan menjalani kehidupan masing-masing. Apa yang mereka lakukan setelah meninggalkan dunia idol group? Banyak dari mereka yang menyadara bahwa mereka memliliki impian yang lain yang ingin mereka capai; kelulusan tak terelakkan untuk mengejar ambisi baru mereka.

Mantan idola biasanya akan memilih tetap berada di industri hiburan, tetapi dengan cara yang lain, biasanya akan memilih untuk menjadi aktris atau model. Hal ini dapat dikarenakan kegiatan yang dulunya mereka lakukan sebagai idol; sebagai talents yang berbakat, mereka sering melakukan aktivitas lainnya seperti tampil dalam film atau drama atau juga sebagai model untuk suatu majalah. Seperti yang dikatakan salah satu anggota Morning Musume, Kudo Haruka, saat ia mengumumkan kelulusannya, pengalamannya dalah berperan di atas panggung selama berada dalam grup, menginspirasinya untuk mencapainya sepenuhnya.

Mari kita lihat 5 contoh mantan idol yang menyatakan lulus dari grupnya untuk mengikuti jalannya sendiri.

1. Airi Matsui

Tidaklah mudah untuk berpindah dari satu bidang ke bidang lainnya, tapi dengan suatu lompatan ke arah yang berbeda terkadang dapat terbukti berhasil. Matsui adalah salah satu contohnya, ia mungkin lebih dikenal daripada sebelumnya — model dan aktris yang dulunya merupakan anggota dari grup Sakura Gakuin, sebelum menyatakan kelulusannya pada tahun 2012 untuk melanjutkan karirnya sebagai model. Sekarang ia menjadi model di majalah fashion populer Ray dan memiliki nama sendiri di industri perfilman. Perempuan yang berusia 20 tahun ini membintangi drama kisah asmara yang berjudul "Aozora Yel", dan ia juga tampil dalam "Flying Colors" bersama dengan aktris Kasumi Arimura.

2. Ai Takahashi


Setelah bergabung dengan Morning Musume pada usia 15 tahun, Takahashi Ai melanjutkan untuk mencapai popularitas besar selama satu dekade di grup idola perempuan yang terkenal itu. Dikenal sebagai idol, itu menjadi mudah jika mantan pemimpin Morning Musume dapat terus sukses di luar grup. Namun hampir enam tahun kemudian pada usia 30, Takahashi masih tetap kuat dan mengukir citranya sendiri. Dia menjadi model untuk beberapa majalah dan bahkan telah mempublikasikan buku mengenai lifestyle yang ia tulis sendiri, yang terbaru akan dirilis pada tahun 2016 untuk memperingati ulang tahunnya yang ke-30. Dengan lebih dari 650,000 pengemar, tidak diragukan lagi jika popularitas Takahashi masih akan terus melonjak.

3. Akari Hayami

Di saat Hayami Akari memutuskan untuk lulus dari Momoiro Clover, grup tersebut telah bersiap untuk meraih peringkat dalam industri idol dan mengembangkan popularitasnya. Ketika ia meninggalkan grup tersebut, mereka merubah nama mereka menjadi lima anggota Momoiro Clover Z — memulai dari awal, seperti yang dilakukan Hayami. Dia mengabdikan dirinya untuk berakting, tampil dalam drama dan film layar lebar, juga iklan. Bagi Hayami, itu seperti kembali ke ambisinya semula. Sulit bagi banyak gadis untuk melepaskan diri dari citra "idola" yang kuat yang telah melekat dalam dirinya. tapi mantan pemimpin Momoiro Clover terdesak untuk mengejar jalan pribadinya sebagai aktris. "Aku tidak cocok berada pada jalan idol, tapi aku ingin melakukan sesuatu." katanya dalam sebuah pernyataan berani pada saat kelulusannya dari Momoiro Colver.

4. Kanako Hiramatsu

Tidak semua idola berhenti untuk mengejark akting — mantan anggota SKE48 ini beralih ke industri yang lain dan bergabung dengan dunia fashion, menjadi produser model busana wanita Honey Cinnamon pada tahun 2014. Setelah mempeajari produksi media di universitas, pribadi yang kreatif dan berbakat telah dilengkapi dan siap untuk meninggalkan grup dan membuat sesuatu yang gambaran yang baru dan unik untuk dirinya. Untuk dapat menyampaikan individualitasnya dengan hasrat yang berbeda adalah mimpinya, menurut Hiramatsu, dan ia menjadi panutan bagi perempuan dengan haknya sendiri. Pada 2017 ia memulai gaya hidup dan channel YouTube-nya sendiri dengan tema fashion, sekali lagi ia menjadi trendsetting. 

5. Asami Konno

Sebagai salah satu mantan anggota generasi ke-5 Morning Musume, bukanlah nama asing bagi penggemar lamanya. Ia bernyanyi di suatu video musik dan kemudian menjadi penyiar berita di TV, sebuah perubahan karir yang langka untuk seorang idol. Ketika Konno meninggalkan grup tersebut untuk fokus pada studinya dan diterima di Universitas Keio yang bergengsi, terbukti bahwa dia membuat masa depan yang cerah selama 6 tahun, menyelenggarakan banyak program dan bahkan melakukan dance cover-nya sendiri di televisi. Pada bulan Januari 2017, ia menikah dengan pemain baseball Toshihiro Sugiura, dan mengumumkan keputusannya untuk fokus pada kehidupan keluarganya.



Kelulusan dari seorang idol memang merupakan hal yang berat — untuk idol tersebut, untuk sesama anggota yang bekerja keras bersama, untuk para penggemar yang setia mendukunga. Seiring dengan mereka menempuh jalan dan tujuan yang baru, itu menggembirakan untuk melihat mereka berkembang pada tahap yang berbeda entah itu di mata publik atau kepentingan pribadi mereka sendiri. Pada intinya, idol memiliki mimpi yang akhirnya dapat membawa mereka ke tempat yang mereka inginkan.