Saturday, January 28, 2017

5 Hal Yang Harus Kalian Ketahui Saat Berbelanja Di Jepang


Pernahkah kalian berbelanja di Jepang? Banyak yang mengatakan bahwa Pelayanan di toko-toko Jepang itu sangat baik sekali, namun, jika kalian pertama kali pergi ke Jepang dan mencoba untuk berbelanja maka akan merasa aneh dengan system perbelanjaan di sana



Berikut adalah 5 hal yang perlu kalian ketahui saat berbelanja di Jepang :

1.Para Staff Yang Selalu Mengatakan "Irasshaimase".
"Irasshaimase" artinya "Selamat Datang", dan kalian bisa mendengarkanya tiap kalian masuk toko atau restoran, dari mulai toko biasa sampai ke butik kelas tinggi sekalipun. Di tempat besar seperti Mall, para staff pelayan pun diajarkan untuk membungkuk saat mengatakan "Irrasshaimase".

Di Toko Ramen, Izakaya, atau di tempat yang cenderung berisik, ucapan "Irrasshainmase" kadang di ucapkan lebih keras dan akan terus di ulang, seperti halnya dengan para Chef, pelayan laki-laki, atau di tempat makan Hotpot mereka memberikan kesan sibuk dan keras yang membuat mereka terlihat kuat dan bekerja keras, sehingga mereka sering sekali mengatakan "Irrasshaimase" dengan suaranya yang agak sedikit serak seperti "Rasshaiasseeee" atau "Asshaiyaseeee" Ashooiigeboy :v.

Dengan begitu, tiap toko memiliki cara mengatakan "Irrasshaimase" nya masing-masing. Mereka menyambut anda dengan mengatakan kalimat seperti itu dan jangan sesekali kalian merasa kaget atau canggung. Para staff tidak akan sedih atau marah jika kita mengabaikan sambutan yang mereka berikan, so cukup senyum atau mengabaikannya itu adalah cara yang tepat. Jangan sesekali kita membalas "Irrasshaimashite" itu akan terdengar arogan atau bahkan kalian akan merima pelayanan yang buruk secara tidak langsung.

2.Staff Yang Akan Memandu Anda Ke Pintu Masuk Toko.

Ada pepatah mengatakan "Pembeli Adalah Raja", dan yap Toko-toko di Jepang membuat pepatah itu menjadi nyata. Setiap kalian mendatangi toko Sepatu, pakaian, aksesoris, staff toko akan mengucapkan "Saya Akan Memandu Anda Ke Pintu Masuk Toko" (Iriguchi made Ookuri shimasu). Jika mendengar kata itu satu-satunya hal yang paling tidak kalian lakukan adalah membalas "Terima Kasih" (Arigatou) atau seperti yang sebelumnya yaitu cukup senyum saja. Mereka melakukan ini untuk melindungi kalian dari Ninja yang mungkin akan mencuri belanjaan kalian sebelum kalian keluar dari Toko. Aneh tapi Keren yaa...

3.Kondom Akan Di Bungkus Terpisah Dari Barang Yang Lain.
Ketika Kalian Ingin membeli kondom di Jepang pada toko biasa atau di apotik, kalian akan  di perlakukan akan sangat hati-hati!, misalkan kalian membeli satu pack kondom, sebotol air putih, sabun, dan satu buah onigiri, maka kondom tersebut akan di pisahkan dari barang yang lain dengan menggunakan kertas coklat agar tidak di ketahui orang lain.
Dan tahukah kalian kebiasaan ini juga di ketahui banyak oleh orang-orang Jepang, jadi mereka tau jika ada seseorang yang membawa kertas buram pasti didalam nya berisi barang yaitu Kondom atau barang sanitasi. Kurang tau untuk apa tapi unik juga yaa :v gimana kalau obat kuat?

4.Anehnya Pembungkusan Barang.
Kita tau Jepang itu menyukai bungkus atau kemasan yang menarik dan berwarna, tetapi tahukah kalian kalau metode pembungksan tersebut di lakukan sehari-hari bahkan pada barng yang bukan barang diperuntukan untuk hadiah atau perayaan. Adapula berikut contoh nya :


Jika kita membeli satu buah daging ayam maka akan di bungkus seperti itu.. katanya sih biar gampang makanya  dan biar saat memakannya tangan kita gak akan beminyak, gitu amat..
Lalu adapun penjual Bir akan melapisi botol bir tersebut dengan bantalan seperti di bawah ini.
Dikira Beli apel atau buah kali ya... tapi katanya sih biar si Botol nya tidak tergores atau rusak sebelum sampai ke si pembeli.
Bagaimanapun budaya membungkus ini memang positif diliat dari kegunaan nya, tetapi apakah sebaliknya malah menjadi budaya buruk karena membuang-buang pelastik atau kertas kemasan dan menjadi limbah kotor? Tetapi untuk Jepang mungkin masalah sampah kemasan bukan lah hal yang penting karena para masyarakatnya sudah mengerti membuang sampah dan memilah sampah yaa, bagus juga kalau di Terapkan di Indonesia.

5.Setiap Tempat Perbelanjaan Memiliki Poin Kartu Masing-Masing.

Jika kalian pergi ke Mall atau ke minimarket kecil di Jepang, kalian pasti akan di tanyakan apakah kalian memiliki kartu poin atau kartu member toko tersebut karena tiap toko di sana memiliki kartu poin/member nya masing-masing, dan jika kalian sering pergi ke toko-toko di sana dan membuat sebuah kartu member yang ada malah dompet kalian akan di penuhi oleh kartu poin dari tiap Toko, aneh ya :v . Memang ya ini juga sangat berguna, di Jepang banyak sekali industri yang menawarkan Poin Card kepada toko-toko yang akan membuka lapak penjualan. Kalian akan mendapat 1 poin tiap berbelanja 100 yen nya, dan bisa di pakai untuk diskon saat membeli barang di toko yang bersangkutan.

Mungkin segitu saja dulu pembahasan nya, semoga Bermanfaat ^_^


Referensi : Tokyo Girls Update